Resensi Buku Selena dan Nebula Karya Tere Liye


Selena dan Kisahnya



·         Judul Buku                  : Selena
·         Tahun Terbit                : 2020
·         Penerbit                       : Gramedia Pustaka Utama
·         Penulis                         : Tere Liye
·         Jumlah Halaman          : 368

·         Judul Buku                  : Nebula
·         Tahun Terbit                : 2020
·         Penerbit                       : Gramedia Pustaka Utama
·         Penulis                         : Tere Liye
·         Jumlah Halaman          : 376
            Tere Liye adalah salah satu penulis ternama di negeri ini. Banyak sudah karya yang telah ia lahirkan dan diantaranya menjadi buku Best Seller. Hampir dalam setiap karyanya, ia menyertakan tema tentang cinta dan keluarga. Mulai dari kumpulan cerpen hingga novel. Mulai dari buku non seri sampai buku seri. Tidak hanya dua atau tiga buku saja, Tere Liye sudah mencetak buku seri yang ke- 9 dan masih disusul beberapa buku lainnya. Tidak hanya buku seri saja yang ceritanya beruntut, ia bahkan pernah mengambil satu atau dua karakter di satu buku untuk dijadikan buku yang lain lagi. Tere Liye memiliki tingkat imajinasi yang luar biasa. Namun, tidak hanya imajinasi saja, ia juga menyelaraskan dengan kehidupan saat ini. Seolah-olah ia membuat suatu rekayasa pada suatu peristiwa yang sedang terjadi. Salah satunya adalah buku ke delapan dan sembilan seri “Bumi” yang berjudul Selena dan Nebula.
            Dalam buku Selena dan Nebula menceritakan masa lalu yang kelam yang dialami oleh Selena dan kedua sahabatnya sekaligus menguak siapa orang tua Raib (Tokoh utama di buku satu sampai tujuh). Bermula keinginan keras Selena yang tetap ingin masuk di ABTT (Akademi Bayangan Tingkat Tinggi) meskipun gagal dalam tes ketiga. Kemudian dibantu oleh sosok bernama Tamus yang bisa memasukkannya di ABTT dengan imbalan kunci Portal ke Klan Nebula. Pelajaran menjadi pengintai terhebat. Hingga rencana berpetualang ke dunia paralel, yaitu Klan Nebula yang pada akhirnya merusak keseimbangan ekosistem klan karena didasari suka yang berujung penghianatan. Hingga perginya salah satu sahabat terbaik dan hilangnya kekuatan bertarung Klan Bulan.
            Terdapat beberapa keunggulan yang dimiliki oleh novel ini. Salah satunya yaitu buku ini merupakan bagian dari buku seri yang kehadirannya ditunggu oleh pembaca setia karya Tere Liye, khususnya penikmat buku seri Bumi. Selain itu bahasa yang digunakan sangat ringan dan bersahabat sehingga memudahkan pembaca untuk memahaminya lebih cepat. Adanya adopsi dari dunia nyata ke dunia fiksi, sebagai contoh yaitu dua klub sepak bola ternama yang menjadi rival abadi di Klan Bulan bernama “PAR-SIB dan PAR-SIJA”. Sedangkan dua klub sepakbola ternama yang menjadi rival abadi di dunia nyata adalah Persib Bandung dan Persija Jakarta. Tidak berhenti sampai situ, dalam novel ini disediakan alur cerita yang sulit untuk ditebak. Seakan-akan pembaca tidak diperbolehkan untuk melakukan kesimpulan dini dari jalannya cerita hingga novel tersebut habis dibaca.
            Meskipun penulis novel ini telah menerbitkan banyak karya namun tak akan luput dari kekurangan. Di bagian awal buku Selena terdapat kesimpangsiuran tokoh yang bernama Raf. Pada halaman tujuh dijelaskan bahwa Raf adalah Pamannya Selena (kakak dari ibunya Selena). Namun, pada halaman 17 diceritakan bahwa “ibu memang pernah bercerita dia punya adik, namanya Raf, ......” Raf adalah adik dari Jem. Kemudian, di halaman 18 Raf merasa sedih atas kehilangan adiknya “Aku diam, menunduk. Membiarkan Paman Raf ............. merasa kehilangan akan kepergian adiknya, ........”. Dalam hal ini penulis harusnya lebih teliti lagi dalam  membuat deskripsi tokoh sehingga jelas dan tidak membingungkan. Dalam bab epilog di masing masing bukuu masih ngambang jika diselaraskan dengan cerita di buku seri sebelum sebelumnya. Utamanya kenapa bisa Miss Selena tertangkap oleh Lumpu, berada di Klan Nebula dan bisa menghubungi Raib, Ali dan Seli ketika kejadian di Klan Nebula sudah kurang lebih 20 tahun berlalu ? . Harusnya penulis menceritakan sedikit kejadian tertangkapnya Miss Selena oleh Lumpu sehingga sinkronasi dengan buku seri sebelumnya itu tertata dengan baik dan tidak menimbulkan pertanyaan oleh pembaca. Selain itu, penulis juga secara tidak langsung memutus stigma bahwa pemilik kekuatan murni akan lahir secara acak selama kurun waktu kurang lebih 100 tahun. Namun, tidak sampai 100 tahun, pemilik kekuatan murni telah lahir kembali. Ini menunjukkan bahwa penulis tidak memperhatikan hal hal yang menjadi sejarah awal cerita.
            Terlepas dari itu semua, buku ini sangat di rekomendasikan pada pembaca penggemar karya Tere Liye, khususnya bagi pembaca yang mengikuti buku seri ini mulai dari Bumi, Bulan Matahari, Bintang, Ceros & Batozar, Komet, Komet Minor hingga Selena, dan Nebula. Rasakan sensasi petualangan yang seru, sejarah sejarah di masa silam yang mulai terungkap dan kepingan kepingan puzle dunia paralel.

Komentar

  1. Huwaaaaa, yg belum baca jd sedikit ada bocoran selena dn nebula :) ehe tengs gilan

    BalasHapus
  2. Huwaaaaa, yg belum baca jd sedikit ada bocoran selena dn nebula :) ehe tengs gilan

    BalasHapus

Posting Komentar